Cara Memberikan Password Pada Folder dengan WinRAR

Memberikan password / kata kunci pada folder yang ada di komputer anda adalah salah satu cara menjaga keamanan data dari pihak-pihak tak bertanggung jawab. Dengan memberikan password, isi folder pada komputer anda hanya dapat dilihat dengan memasukan password terlebih dahulu, jika password yang diisikan benar maka folder dapat dibuka, dan sebaliknya jika password yang diisikan salah maka folder tidak akan terbuka.

Sebetulnya memberikan password hanyalah salah satu cara untuk mengamankan data pada komputer, cara lainnya banyak tersedia dengan tingkat keamanan yang berbeda. Saya akan berbagi pengalaman kepada anda dalam mengamankan data pada folder dengan memberikan password dengan WINRAR. WINRAR sendiri adalah aplikasi shareware yang memiliki fungsi utama untuk melakukan kompresi data terhadap file/folder di komputer. Tujuannya adalah untuk mengurangi ukuran file yang dikompres yang akan memberikan efek positif berkurangnya space yang dibutuhkan untuk menyimpan file tersebut pada komputer.

Selain digunakan untuk mengompres file, WINRAR juga memiliki fitur tambahan untuk memberikan password pada file yang dikompres, tujuannya untuk meningkatkan keamanan file. Fitur inilah yang akan kita manfaatkan untuk memberikan password pada folder yang ada di komputer.

 

5 Langkah, Cara Memberikan Password Pada Folder Dengan WinRAR

#1. Download Installer Aplikasi WinRAR

Langkah pertama adalah mengunduh installer WINRAR di website resminya di sini, namun jika di komputer anda telah terinstal aplikasi WinRAR anda dapat melewati tahap 1 dan 2.

1. WinRAR Homepage

1. WinRAR Homepage

Setelah halaman download terbuka, anda perlu memilih versi WinRAR yang ingin di download, jika anda menggunakan sistem operasi Windows dengan arsitektur 32 bit, pilih WinRAR x86. Jika anda menggunakan sistem operasi Linux, pilihlah installer untuk Linux. Keduanya versi memiliki perbedaan interface, untuk platform Windows disediakan antar muka grafis, Linux hanya menyediakan antar muka command line. Di sini saya menggunakan WinRAR x86 (32 bit) 5.00 beta 7.

#2. Instalasi aplikasi WinRAR

Setelah installer WinRAR berhasil diunduh, langkah kedua adalah menginstal aplikasi ini. Saya asumsikan anda menggunakan sistem operasi Windows, Caranya cukup mudah dengan double-click pada file installer, window instalasi akan muncul, klik tombol Install , dan proses instalasi akan berjalan hingga selesai.

 

2. Instaler Berhasil di Download

Instaler WinRAR yang Berhasil di Download

3. Window Instalasi WinRAR

Window Instalasi WinRAR

Instalasi WinRAR selesai

Instalasi WinRAR selesai

Jika anda tidak memiliki hak sebagai administrator untuk menginstal executeable file, anda harus masuk sebagai administrator atau minta kepada orang yang memiliki hak sebagai administrator untuk menginstalkan aplikasi ini.

#3. Siapkan folder yang akan diberikan password

Setelah berhasil menginstal aplikasi WinRAR, selanjutnya kita siap untuk memberikan password pada folder yang diinginkan. Oh iya, anda bisa mencari aplikasi ini yang terdaftar pada kumpulan program di All Programs. Kembali ke tujuan awal memberikan password, buka lokasi folder yang ingin diberikan password dengan windows explorer.

 

Pilih Menu Add to Archive..

Pilih Menu Add to Archive..

 

Setelah itu, klik kanan pada folder tersebut lalu pilih menu “Add to archive…”. Setelah popup window “Archive name and parameters” muncul, lalu klik tombol “Set password…” yang terletak di bagian bawah. Masukan password yang ingin digunakan pada input field Enter password, dan ulangi mengetikan password yang sama pada input field Reenter password for verification. Dan jangan lupa untuk mencentang opsi Encrypt File Names. Setelah selesai, klik tombol OK. Jika password yang diberikan tidak sama, WinRAR akan memunculkan pesan error.

6. Window Utama WinRAR

Window Utama WinRAR

7. Window Enter Password

Pemberian Password Pada Folder yang dikompres dengan WinRAR

#4. Final Step

Setelah selesai memberikan password dan kembali ke halaman utama window WinRAR. Langkah terakhir adalah menekan tombol OK, namun jika anda menginginkan pengaturan lainnya anda dapat menekan tombol ini setelah selesai melakukan pengaturan.

 

8. File Hasil Kompresi

Kompresi Berhasil – File Hasil Kompresi

Hasil akhirnya akan ada file baru yang tercipta dengan ekstensi .rar yang berisi folder yang telah dikompresi dan diberi password.

#5. Uji Coba Password Pada Folder yang dikompres

Folder pada komputer telah berhasil diberikan password menggunakan WinRAR, langkah selanjutnya adalah mengujinya. Double-click file hasil kompresi tadi, dan akan muncul popup window yang meminta anda untuk memasukan password.

 

Please Insert WinRAR password

Please Insert WinRAR password

 

Masukan password yang digunakan saat melakukan kompresi tadi, jika salah akan muncul pesan error dan isi folder tidak akan bisa dilihat. Jika benar folder akan terbuka dan isinya dapat dilihat atau diekstrak kembali.

 

Password file kompresi salah

Password file kompresi salah

 

11. Password File benar

Password File Kompresi benar

12. Isi Folder file kompresi

Konten dalam Folder yang berhasil dibuka

Last Word

Setelah memberikan password pada folder dengan WinRAR, keamanan data anda akan lebih terjaga. Tetaplah waspada terhadap orang yang mengakses komputer anda, simpanlah file yang penting dan bersifat rahasia pada lokasi yang aman, meskipun hal ini masih bisa disiasati dengan fungsi pencarian file di sistem operasi. Baca juga artikel 3 Cara Memberi Password Pada Folder di Komputer untuk mengetahui cara lain dalam memberikan password pada folder. Semoga artikel ini bermanfaat meningkatkan keamanan data anda.

2,055 total views, 28 views today

Comments

comments

Trackbacks

  1. [...] WinRAR adalah software kompresi berbayar yang digunakan untuk mengurangi ukuran sebuah file, WinRAR menghasilkan file kompresi dengan ekstensi .rar. WinRAR juga memiliki fasilitas untuk memberikan password pada file yang dikompresi, anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan password pada folder Anda. Baca artikel cara memberi password pada folder dengan WinRAR [...]

  2. [...] Setelahnya window baru akan muncul, di sini banyak pilihan konfigurasi. Untuk kemudahan saya hanya akan menggunakan pengaturan default, dan mengisikan password misalnya password123 pada field yang telah disediakan, isikan password yang sama di kedua field. Lalu centang cek box Encrypt file names. Setelah selesai, klik tombol OK dan jika tidak berhasil 7zip akan menghasilkan sebuah file baru dengan nama  AMANKAN.7zip. Meskipun file yang dihasilkan memiliki ekstensi .7zip, file ini bisa dibuka dengan software kompresi lain seperti WinRAR. [...]

%d bloggers like this: