Cara Memberi Password Pada Folder di Windows 7 Dengan 7zip

Komputer dan keamanan data adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Komputer dapat membantu seseorang untuk bekerja lebih efisien, dan keamanan data yang baik menjaga data anda dari kerusakan ataupun pencurian dari pihak  yang tidak bertanggung jawab. Melalui tulisan ini saya bermaksud berbagi tips untuk melindungi data anda dari orang-orang usil dengan cara memberikan password pada folder menggunakan 7zip, dengan ini diharapkan data anda akan lebih aman.

Apa itu 7zip dan bagaimana bisa mengamankan data saya ?

7zip merupakan software kompresi gratis yang digunakan untuk melakukan kompresi terhadap suatu file dengan tujuan untuk meringkas dan mengurangi ukuran file tersebut yang pada akhirnya akan mengurangi space yang dibutuhkan untuk menyimpan file tersebut pada media penyimpanan. 7zip memiliki fitur untuk memberikan password pada file yang dikompresi, fitur ini yang akan kita manfaatkan untuk melindungi data anda.

Baiklah kalau begitu tolong tunjukkan langkahnya pada saya.

6 LANGKAH CARA MEMBERI PASSWORD PADA FOLDER DENGAN 7ZIP

#1. Unduh Software 7zip

Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah mengunduh instaler software 7zip buatan Igor Pavlov untuk platform Windows di situs resminya. Jika anda sudah pernah mengunduh dan menginstalnya pada komputer, dapat langsung menuju langkah 3.

#2. Instal Software 7zip

Setelah instaler selesai diunduh,selanjutnya kita perlu menginstalnya. Jalankan instaler 7zip dengan double-click., tekan tombol Install untuk memulai proses instalasi.

1. Installer 7zip

Installer 7zip

2. Instalasi 7zip selesai

Setelah proses instalasi selesai, kita dapat melihat menu 7zip di dalam daftar program.

#3. Siapakan Folder yang akan diberikan password

Jika software 7zip telah terinstal, kita bisa segera mulai memberikan password pada folder dengan 7zip. Sebagai contoh, saya menyiapakan folder dengan nama AMANKAN yang berisikan beberapa file.

#4. Mulai Kompresi Folder

Setelah folder yang akan diberikan password selesai disiapkan, langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi 7zip. Pada Windows 7, Launcher 7zip dapat ditemukan pada menu All Programs -> 7zip.

3. Lokasi 7zip

Lokasi 7zip

Setelah window program 7zip muncul langkah berikutnya adalah membuka lokasi folder yang akan di kompresi melalui navigasi yang disediakan, pada contoh ini lokasi folder AMANKAN ada di D:\AMANKAN.

5. Main Window 7zip

Main Window 7zip

#5. Saatnya Memberikan Password Pada Folder

Setelah folder ditemukan, klik folder tersebut untuk menyeleksinya. Selanjutnya klik tombol Add.

7. Pengaturan Kompresi 7zip - Pemberian Password

Pengaturan Kompresi 7zip – Pemberian Password

Setelahnya window baru akan muncul, di sini banyak pilihan konfigurasi. Untuk kemudahan saya hanya akan menggunakan pengaturan default, dan mengisikan password misalnya password123 pada field yang telah disediakan, isikan password yang sama di kedua field. Lalu centang cek box Encrypt file names. Setelah selesai, klik tombol OK dan jika tidak berhasil 7zip akan menghasilkan sebuah file baru dengan nama  AMANKAN.7zip. Meskipun file yang dihasilkan memiliki ekstensi .7zip, file ini bisa dibuka dengan software kompresi lain seperti WinRAR.

Persiapkan Folder Yang Akan diberi Password

File Hasil Kompresi 7zip

#6. Saatnya Melakukan Pengujian

Jika anda mengikuti langkah 1 hingga 5 dengan benar, maka pemberian password pada folder anda telah berhasil dan untuk memastikannya kita akan menguji file tersebut. Buka lokasi file AMANKAN.zip, double-click file AMANKAN.zip. Window baru akan muncul dan meminta anda untuk memasukan password file AMANKAN.zip.

Pengujian File Kompresi 7zip - Permintaan Password

Pengujian File Kompresi 7zip – Permintaan Password

Ketikkan password yang tadi kita gunakan yaitu password123. Jika benar maka 7zip akan membuka file yang terkompresi tadi sehingga kita bisa melakukan aksi terhadap file di dalamnya. Pun sebaliknya, jika password yang dimasukkan salah maka 7zip tidak akan membuka file yang terkompresi tadi. Setelah itu tekan tombol Extract dan tentukan lokasi ekstraksi file, pada contoh ini lokasi yang saya pilih adalah D:\. Dengan ini proses memberi password pada folder telah selesai.

Isi File Kompresi 7zip

Isi File Kompresi 7zip

Menentukan Lokasi Ekstraksi

Menentukan Lokasi Ekstraksi

Rangkuman & Peringatan

7zip sebagai salah satu software kompresi file populer yang banyak digunakan di dunia. Beruntung aplikasi ini memiliki fitur untuk memberikan password pada folder yang dikompresi sehingga data yang anda miliki dapat lebih terjaga keamanannya. Namun ingat, meskipun panduan yang diberikan pada tulisan ini dapat membantu anda meningkatkan keamanan data anda, hal ini akan sia-sia jika pelaku menghapus file anda. Untuk itu tetap waspada kepada siapapun yang hendak mengakses komputer anda, simpanlah data di lokasi yang aman. Baca juga 3 Cara Memberikan Password Pada Folder di Komputer.

985 total views, 24 views today

Comments

comments

Trackbacks

  1. [...] 7zip adalah software kompresi gratis yang dapat mengurangi ukuran dari sebuah file, terutama dokumen digital. 7zip juga memiliki fitur untuk memberikan password pada file yang dikompresi. Baca panduan cara memberi password pada file yang di kompresi di sini. [...]

%d bloggers like this: